Listening your favourite music here ...

Sunday, May 12, 2013

Janeng

Kesenian JanengKesenian janeng merupakan salah satu kesenian yang tersebar di beberapa wilayah di Kebumen. Di Kebumen sendiri, ada beberapa daerah yang terkenal dengan kesenian janengnya, salah satunya Group Janeng dari Desa seliling tepatnyaa yang berlokasi di Pedukuhan Beji.
Group Janeng Beji Seliling ini awalnya terbentuk dari beberapa kelompok orang tua yang menyukai kesenian janeng kemudian membuat group sendiri. Pada awal berdirinya Group Janeng ini, para warga Beji yang membangun gropup Janeng ini belajar dari Group Janeng dari Desa Kambang Sari yang sudah lebih duahulu memiliki group Janeng.
JanengSecara bertahap namun pasti, group Janeng dari Beji Seliling ini terus berkembang dan rajin berlatih bersama. Hingga akhirnya Group Janeng Beji Seliling ini dikenal di seluruh Desa Seliling.
Group Janeng dari Beji Seliling ini pada setiap acara-acara tertentu seperti pernikahan, peringatan Isra Mi’raj dan lainya sering di undang untuk mengisi hiburan dalam acara tersebut.
Sudah selayaknya kita sebagai warga Desa Seliling dan khususnya masyarakat Beji untuk ikut melestarikan budaya kesenian yang saat ini masih hanya disukai oleh kalangan orang tua saja. Semoga kedepan ada generasi-generasi muda yangikut melestarikan budaya Janeng ini.

No comments:

Post a Comment